Cari Blog Ini

Rabu, 13 Oktober 2010

puasa daud

Seputar Puasa Daud

Tanya: Askum. Ustadz, mau tanya tentang puasa nabi Daud, apa ada dasarnya/ketentuannya? Terus gimana niatnya untuk memulai puasa tersebut? Apa ada doanya? 08522842xxxx
Jawab:

Puasa Daud memiliki dasar hukum yang sangat kuat. Di antaranya adalah hadits berikut ini.
صُمْ أَفْضَلَ الصِّيَامِ عِنْدَ اللَّهِ صَوْمَ دَاوُدَ – عَلَيْهِ السَّلاَمُ – كَانَ يَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا
Kerjakanlah puasa yang paling afdhol di sisi Allah, itulah puasa Daud. Beliau berpuasa sehari dan berbuka sehari” (HR Muslim no 2799 dari Abdullah bin Amr bin al ‘Ash).
Berdasarkan hadits di atas, menjalankan puasa Daud adalah bagian dari syariat nabi kita, Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam . Memang pada mulanya, puasa tersebut adalah bagian dari syariat nabi Daud namun karena nabi kita, Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam memuji puasa ini sebagai puasa yang paling afdhol bahkan memerintahkan untuk melakukannya maka puasa Daud sudah menjadi bagian dari syariat Muhammad. Seorang muslim yang menjalankannya bukan berarti mengikuti nabi Daud, bahkan mengikuti perintah nabi kita, Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam .
Niat puasa daud dan puasa yang lainnya bahkan niat untuk semua ibadah itu letaknya ada di hati dan tidak perlu diucapkan karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah mengajarkan untuk mengucapkan niat. Para shahabatpun tidak ada yang melakukannya.
Sebatas pengetahuan kami, tidak terdapat doa khusus yang dibaca pada saat memulai puasa daud ataupun ketika sedang puasa daud.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar